(ISC)2 SSCP Study Guide and SSCP Practice Test Kit

(ISC)2 SSCP Study Guide and SSCP Practice Test Kit

Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertama Jelaskan perjanjian di antara kedua tokoh tersebut dalam cerita asal-usul kota Surabaya​

Jelaskan perjanjian di antara kedua tokoh tersebut dalam cerita asal-usul kota Surabaya​

Perjanjian kedua tokoh tersebut yaitu Sura dan Baya dalam memperebutkan wilayah kekuasaan. Sura dan Baya sudah sering berkelahi tetapi belum pernah ada yang menang atau kalah sehingga akhirnya Sura dan Baya membuat kesepakatan dan membagi daerah kekuasaan menjadi dua Yaitu Sura yang berkuasa di air dan mencari mangsa di lautan sedangakn Baya berkuasa didaratan, batasnya adalah tempat yang dicapai air laut ketika sedang pasang surut.

Penjelasan:

Surabaya merupakan kota besar yang berada di Jawa Timur. Kota Surabaya disebut sebagai Kota Pahlawan karena banyak dukungan masyarakat Surabaya saat berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan Indonesia.

Nama surabaya berasal dari sebuah kisah ikan sura dan buaya yang memperebutkan kekuasaan lalu membuat perjanjiN tentang batasan wilayah masing-masing.

Dengan adanya pembagian wilayah, kedua nya sepakat menghormati wilayah masing-masing.

Tetapi suatu hari Sura melanggar perjanjiannya dengan mencari mangsa hingga kesungai. Pada awalnya Baya tidak mengetahuinya tetalu karena sering terjadi akhirnya buaya mengetahui dan terjadi pertempuran antara buaya dan ikan Sura.

Akhirnya sura kembali kelautan dan buaya berhasil mempertahankan wilayahnya sehingga kota tersebut dijuluki kota Surabaya.

Pelajari lebih lanjut

Sejarah Bandung lautan api

brainly.co.id/tugas/487444

#Belajarbersamabrainly

[answer.2.content]